Frequently Asked Question

Q :

Apa yang saya harus lakukan untuk dapat mengikuti proses rekrutmen dan seleksi calon karyawan BPJS Ketenagakerjaan?

A :

Prosedur pendaftaran dapat dilihat dalam tabel berikut:

a. Silakan Anda mengakses http://karir.bpjsketenagakerjaan.go.id/rekrutmen
b. Jika anda belum memiliki Akun, anda harus membuat akun terlebih dahulu, dengan cara:
  a. Klik Daftar
  b. Anda akan masuk dalam tahap verifikasi email. Anda diminta untuk mengisi data yang dibutuhkan serta alamat email yang valid. Harap Anda memastikan email yang anda berikan adalah email yang aktif dan tidak terdapat kesalahan penulisan alamat. Kesalahan dalam menuliskan alamat email akan mengakibatkan email konfirmasi tidak terkirim dan anda tidak dapat mengikuti proses registrasi.
  c. Jika email konfirmasi telah terkirim maka klik link yang terdapat pada email untuk mengikuti proses selanjutnya.
  d. Proses berikutnya adalah verifikasi HP. Anda diminta untuk mengisi data yang dibutuhkan dan nomor HP yang aktif. Harap Anda memastikan nomor HP yang anda berikan adalah nomor yang aktif dan tidak terdapat kesalahan penulisan nomor. Kesalahan dalam menuliskan nomor HP akan mengakibatkan sms konfirmasi tidak terkirim dan anda tidak dapat mengikuti proses registrasi.
c. Jika email konfirmasi telah terkirim maka isi kode nomor verifikasi yang terdapat dalam sms kedalam kotak yang tersedia, dan masukan kode captcha. Jika kode sms belum ada terima, kami juga mengirimkan kode melalui email sebagai back up.
d. Proses berikutnya adalah create CV. Anda wajib mengisi seluruh data mandatory yang dibutuhkan. Data pendidikan juga wajib anda isi selengkapnya. Jika anda memiliki pendidikan dari jenjang D3, D4, S1, dan S2, wajib anda cantumkan seluruhnya. Jika anda memiliki gelar S1 lebih dari 1 program studi juga anda wajib cantumkan. Hal ini dikarenakan kami akan mencari kandidat yang memiliki jenjang pendidikan yang tepat pada masing-masing posisi.
e. Dalam tahap create CV anda diwajibkan untuk mengupload pas foto dan foto seluruh badan yang jelas dengan format jpg dan file ukuran maksimal 300kb. Foto harus jelas dan tidak diperbolehkan dilakukan editing (kecuali croping untuk memaksimalkan image)
f. Setelah Anda menyelesaikan tahap create cv, maka silakan anda masuk ke sub menu job opening. Jika belum terdapat job opening maka anda akan menerima alert ketika terdapat job opening. Jika telah terdapat job opening maka silakan anda melihat job title, job descripsi, persyaratan kualifikasi .
g. Anda hanya diperbolehkan mendaftar 1 posisi pada saat yang bersamaan. Sehingga anda disarankan mencari posisi yang tepat dengan orientasi karir serta kesesuaian kualifikasi yang anda miliki anda dengan persyaratan. Ketika anda telah apply pada sebuah posisi, sistem akan memberikan declarasi apakah pilihan yang anda tetapkan telah sesuai. Jika belum maka silakan anda memilih posisi yang lain.
h. Jika anda memiliki kualifikasi yang sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan, dan anda sudah menetapkan pilihan posisi, maka silakan klik submit.
i. Setelah klik submit, anda akan terdaftar dan tercatat sebagai pelamar aktif dalam sebuah posisi yang mengakibatkan anda tidak dapat mendaftar pada posisi yang lain.
j. Anda akan diperkenankan mendaftar pada posisi yang lain jika anda telah dinyatakan gugur dalam tahap seleksi. Saat itu status anda akan menjadi open applicant, sehingga Anda dapat mendaftar pada posisi yang lain.
k. Anda dapat melakukan update CV jika status aplikasi anda berada dalam keadaan Open applicant.
l. Ketika anda sudah mensubmit lamaran, maka tahap selanjutnya anda akan menerima notifikasi pengumuman melalui email dan sms. Silakan anda login dan mengakses submenu pengumuman untuk melihat pengumuman panggilan seleksi dan hasil seleksi pada masing-masing tahap.

Q :

Kemana saya harus menghubungi saat menemui kendala dalam proses pendaftaran online ini?

A :

Sebelum anda menghubungi Call Center Anda Wajib mengetahui prosedur penggunaan website Rekrutmen BPJS Ketenagakerjaan.

Petunjuk penggunaan terdapat di FAQ dan tabel prosedur website Rekrutmen BPJS Ketenagakerjaan yang secara jelas menjabarkan tentang tatacara registrasi dan pendaftaran lowongan pekerjaan.

Jika terdapat kendala dalam proses pembuatan akun dan registrasi Anda dapat menghubungi call center di 500910.


Q :

Apakah saya harus mengirimkan lamaran juga setelah melakukan registrasi dan membuat Curriculum Vitae (CV)?

A :

Sejak website Rekrutmen BPJS Ketenagakerjaan dilaunching, maka BPJS Ketenagakerjaan sudah tidak menerima aplikasi lamaran dalam bentuk fisik. Aplikasi lamaran dan dokumen fisik pendukung hanya akan dipersyaratkan bagi peserta yang dipanggil untuk mengikuti tahap seleksi tertulis.


Q :

Berapa lama pendaftaran online ini berlangsung?

A :

Registrasi online guna pembuatan login dan create Curriculum Vitae (CV) terbuka 24 jam penuh sepanjang tahun.

Periode waktu yang terbatas diberlakukan untuk Job Opening.


Q :

Apakah saya bisa mendaftar dua kali?

A :

Dalam waktu yang bersamaan anda tidak dapat apply pada 2 posisi.

Anda dapat apply pada posisi lain jika status anda sudah dinayatakan gugur pada sebuah proses rekrutmen dan secara otomatis tercatat sebagai open applicant.


Q :

Bagaimana jika saya lupa password?

A :

Password dan data login telah dikirim melalui email pada saat anda melakukan tahap verifikasi email.


Q :

Apakah password dan captcha bersifat case-sensitive (huruf besar, kecil)?

A :

Password dan Captcha tidak bersifat case sensitif


Q :

Bagaimana jika saya sedang mengisi Curriculum Vitae (CV) tiba-tiba koneksi terputus, apakah semua data saya hilang?

A :

Sistem mensyaratkan koneksi internet yang stabil. Jika anda belum menyelesaikan seluruh tahap create cv dan koneksi terputus maka anda wajib melakukan create cv ulang.


Q :

Jika saya dalam mengupload foto prosesnya lama kemudian terputus. Apa yang harus saya lakukan?

A :

Sistem mensyaratkan koneksi internet yang stabil. Jika anda belum menyelesaikan seluruh tahap create cv dan koneksi terputus maka anda wajib melakukan create cv ulang.


Q :

Saya telah selasai pada tahap Verifikasi Email, namun belum juga mendapat link aktivasi pada email saya, apa yang harus saya lakukan ?

A :

Anda cek inbox dan spam.

Jika belum ada, maka cek apakah alamat email yang anda berikan telah benar tanpa ada kesalahan ketik.

Jika benar :

  1. Tunggu 10 menit, jika belum terkirim gunakan menu `resend email`
  2. Jika dalam waktu 10 menit belum menerima email,  Anda tunggu dalam waktu 1 jam, dan segera hubungi call center di 500910.

Q :

Saya telah selasai pada tahap Verifikasi HP, namun belum juga mendapat sms kode aktivasi pada HP saya, apa yang harus saya lakukan ?

A :

Pengiriman dan penerimaan sms tergantung kepada masing-masing provider hp anda.

jika belum ada sms masuk, maka kami telah mengirimkan kode aktivasi cadagan dalam email. Silakan anda cek inbox dan spam email anda. Jika tidak ada pada email dan sms, Anda melakukan pendaftaran ulang melalui link yang sama pada email anda.


Q :

Apakah fakultas dan jurusan menentukan dalam pemilihan kandidat administrasi pada pekerjaan yang tersedia ?

A :

Ya, pemanggilan kedalam tahap seleksi ditentukan oleh banyak parameter, seperti jenjang pendidikan, program studi, pengalaman kerja. Oleh karena itu Anda wajib mengisi seluruh kualifikasi yang anda miliki, sepertyi pendidikan yang anda miliki, dimulai dari jenjang D3 (jika memiliki) S1 dan S2 (jika memiliki lebih dari 1 program studi dalam setiap jenajngn wajib anda cantumkan)


Q :

Mengapa  dokumen pendukung seperti ijazah dan transkrip nilai dan tidak di upload juga dalam cv ?

A :

Dokumen pendukung belum menjadi persyaratan dalam tahap registrasi. Dokumen pendukung menjadi persyaratan dalam tahap seleksi tertulis. Ketyidak mampuan anda untuk memberikan dokumen pendukung yang sesuai dengan data registrasi online yang anda buat mengakibatkan anda akan kami giugurkan dalam proses seleksi.


Q :

Setelah saya selesai registrasi dan create CV, apa yang harus saya lakukan?

A :

Anda dapat emnuju submenu job opening untuk melihat ketersediaan lowongan posisi.

Jika belum terdapat lowongan posisi maka anda kami sarankan untuk aktif melakukan cek lowongan posisi.

Jika telah terdapat lowongan posisi maka silakan anda cari posisi yang memiliki persyaratan yang sesuai dengan  kualifikasi yang anda miliki Anda hanya dapat mendaftar untuk 1 psosisi, oleh sebab itu anda harus benar benar mempertuimbangkan posisi maana yang sesuai dengan orientasi karir anda.


Q :

Saya sudah mendaftar, namun tidak bisa log in. Mengapa?

A :

Silakan anda cek koneksi internet anda.

Silakan anda cek user id/email dan password anda.


Q :

Kabar yang akan saya terima hanya dari email dan sms. Apakah ada media lain untuk mendapatkan kabar tersebut ?

A :

Untuk pengumuman pembukaan vacancy dapat anda cek di website, twitter, fb dan media massa.

Untuk pengumuman masing-masing tahap hanya akan kami kirimkan melalui email dan cek di website rekrutmen.


Q :

Jika saya tidak bisa hadir pada tes sesuai dengan jadwal, dikarenakan hal yang sangat penting dan mendadak,  kemana saya harus melapor ?

A :

Kesesuaian kehadiran dalam tahap seleksi merupakan hal mutlak. Anda tidak dapat mengajukan perubahan jadwal maupun lokasi test. Anda dinyatakan gugur ketika tidak hadir dalam setiap tahap seleksi.


Q :

Jika saya melamar untuk sebuah posisi tertentu tetapi tidak terpilih, apakah saya boleh melamar kembali untuk posisi lain?

A :

Anda dapat melamar pada posisi lain sepanjang anda telah dintakan gugur dalam sebuah program seleksi.


Q :

Jika saya sudah memilih salah satu posisi,namun beberapa hari kemudian ada lowongan baru yang di update. Apakah saya masih dapat membatalkan lowongan pekerjaan yang telah saya pilih lalu memilih lowongan baru yang menurut saya lebih cocok untuk saya ?

A :

Anda tidak dapat membatalkan keikutsertaan anda dalam sebuah posisi hingga kami nyatakan gugur dalam tahap seleksi.


Q :

Jika saya belum dapat lulus pada tahun ini, apakah di tahun selanjutnya saya masih dapat melamar dengan account yang sama?

A :

Akun yang anda miliki akan tetap aktif. Anda dilarang dan tidak dapat membuat akun baru. Jika terdapat perubahan, maka silakan anda menggunakan menu update pada saat anda sedang tidak dalam kondisi pelamar aktif pada satu posisi.


Q :

Dimana saya dapat mengetahui pengumuman hasil  tes ?

A :

Pengumuman hasil tes dapat anda lihat dalam email dan submenu pengumuman dalam website.

Setiap terdapat pengumuman kami akan memberikan notifikasi melalui email.


Q :

Apakah semua persyaratan pada setiap lowongan sama ?

A :

Persyaratan dalam setiap lowongan dapat berbeda.


Q :

Apakah website ini bisa diakses pada smartphone agar mempermudah registrasi atau edit data maupun nanti untuk mengecek pengumuman ?

A :

Website dapat diakses menggunakan platform windows dan android.


Q :

Rekrutmen online ini dibuka setahun sekali, atau setiap ada lowongan pekerjaan di posisi tertentu saja ?

A :

Aplikasi registrasi online terbuka setiap saat. Aplikasi lowongan yang terbuka dalam periode waktur tertentu.


Q :

Bagaimana jika salah memasukan email pendaftaran?

A :

Lakukan tahap 1 kembali tahap verifikasi email.


Q :

Jika Link verifikasi pada email gagal, maka

A :

Dilakukan registrasi ulang untuk mendapatkan url verikasi yang baru.


Q :

Bagaimana jika salah mendaftarkan no handphone yang salah?

A :

Jika salah mendaftarkan no handphone, maka PIN tidak bisa sampai ke pengguna. Untuk mendapatkan PIN baru yang dapat digunakan, bisa mengirimkan kode konfirmasi dengan memasukan no Handphone baru pada tahap verivikasi handphone.


Q :

Apakah bisa ganti Nomer handphone?

A :

Penggantian nomer handphone untuk saat ini tidak bisa dilakukan dikarenakan segi keamanan dari proses rekrutmen.


Q :

Apabila terdapat pelamar dari luar negeri, maka

A :

Nama Universitas diketik secara manual, dan jurusan juga diketik secara manual.

Namun, apabila Nama Universitas terdapat pada database kami, maka jurusan dipilih pilihan other. Dan ketika pilihan other tersebut terpilih, maka akan muncul popup page untuk menuliskan nama jurusannya.

Ketikkan nama jurusan tersebut sesuai dengan data pendidikan Anda.


Q :

Pertanyaan yang banyak ditanyakan oleh peserta dalam kaitannya dengan program e-Rekrutmen BPJS Ketenagakerjaan terhitung sejak tgl 16 – 22 September 2014, adalah sebagai berikut:

A :

1. Menanyakan tata cara pendaftaran e-Rekrutmen.
  Tata cara pendaftaran e-Rekrutmen BPJS Ketenagakerjaan dapat dilihat dan dibaca melalui panduan pengguna yang dapat didownload di Web eRekrutmen BPJS Ketenagakerjaan. Informasi tata cara juga terdapat di FAQ dan 5 Tahap pendafatarn rekrutmen BPJS Ketenagakerjaan.
2. Menanyakan proses test yang akan di lakukan jika lulus di setiap tahap.
  Informasi proses test selanjutnya akan dikirimkan notifikasi pengumuman yang  di kirimkan ke email masing2 peserta, sedangkan untuk hasil kelulusan akan di informasikan secara pribadi dan rahasia  melalui notifikasi user pengguna aplikasi web rekrutmen BPJS Ketenagakerjaan yang berisi hasil pengumuman dan jadwal tes selanjutnya..
3. Kendala registrasi pada tahap verifikasi email, dimana setelah peserta memasukkan alamat email, nama lengkap dan kode captcha, lalu pilih kirim, ada keterangan kode verifikasi tidak sesuai, dan itu berulang kali, padahal sudah dipastikan data yang dimasukkan sesuai.
  Jika gagal pada kode verifikasi pada proses captcha lakukan refresh pada kode browser dengan menekan ctrl+f5 tersebut sehingga menddapatkan kode captcha terbaru , atau dapat  melakukan clear cache atau cookies yang masih tersimpan dalam browser kemudian refresh pada halaman web rekrutmen BPJS Ketenagakerjaan yang sedang dibuka( Pastikan menggunakan browser versi terbaru).
4. Kendala registrasi pada tahap verifikasi HP, dimana setelah peserta memasukkan kode yg tertera di sms ataupun di email, keterangan yang muncul kode verifikasi tidak sesuai.
  Pastikan menggunakan kode verifikasi yang terakhir dikirimkan oleh sistem melalui SMS dan email, jika masih gagal refresh halaman web rekrutmen BPJS TK  kemudian lakukan proses verifikasi HP kembali untuk mendapatkan kode verifikasi terbaru. ( Pastikan Menggunakan browser versi terbaru).
5. Kendala saat login setelah berhasil registrasi, dimana keterangan yang muncul adalah user id tidak sesuai, padahal data sudah disesuaikan dengan informasi yang didapatkan di email.
  Pastikan sudah melakukan aktivasi user atau konfirmasi registrasi melalui email yang dikirimkan oleh rekrutmen BPJS Ketenagakerjaa dan pastikan sesuai 5 tahap pendaftaran rekrutmen BPJS ketenagakerjaan.
6. Kendala pada tahap pembuatan CV, dimana setelah peserta memasukkan semua data-data untuk CV, dan pilih simpan, tidak ada keterangan berhasil, dan langsung kembali ke menu awal. Setelah peserta coba cek ternyata data CV tidak ada yang terisi.
  Pastikan menggunakan perangkat PC atau laptop untuk mengakses e-Rekrutmen BPJS Ketenagakerjaan dan pastikan fungsi javascript pada browser sudah aktif(mengggunakan browser terbaru).
7. Kendala pada tahap pembuatan CV, dimana ada beberapa kabupaten dan kode area yang tidak muncul sehingga menyulitkan peserta untuk mengisi CV dengan lengkap
  Pastikan menggunakan perangkat PC atau laptop untuk mengakses e-Rekrutmen BPJS Ketenagakerjaan dan pastikan fungsi javascript pada browser sudah aktif(mengggunakan browser versi terbaru).
Jika data kabupaten atau kode area tidak sesuai dengan data peserta,  dapat mengisi sendiri data tersebut dengan memilih “Other”.

 

Bagaimana cara mengkatifkan javascript pada web browser untuk dapat mengakses e-Rekrutmen BPJS ketenagakerjaan?
Jika terdapat masalah saat loading pilihan pada create CV, maka dilakukan setting untuk javascript, cookie, mobile browser pada browser :

1. Google Chrome
  - Pilih pada menu Setting/Setelan
  - Pilih, privacy/pribadi
  - Kemudian pilih content setting/ setelan konten
  - Pilih pada  Allow all sites to run javascript, cookie, mobile browser (recommended)/ Ijinkan menjalankan JavaScript
  - Restart Browser
2. Mozilla Firefox
  - Klik kanan halaman browser Mozilla
  - Kemudian pilih Inspect Elements
  - Pilih, Tollbox Options
  - Kemudian pada Advance Setting pastikan javascript, cookie, mobile browser pada pada posisi Allow.
  - Restart browser.